Mengenal ISO 22716 Standar GMP Untuk Produk Kosmetik

r0zH6u

Wanita identik dengan kosmetik, tapi tahukah anda bagaimana kualitas dan jaminan keselamatan bahan pada produk kosmetik anda sudah aman? bagaimana dengan jaminan tidak ada efek yang membahayakan apakah anda sudah menilainya?

Konsumen saat ini menjadi lebih mengerti tentang daampak dari penggunaan kosmetik yang tidak aman. Alergi dan penyakit kulit menjadi dampak yang serius dari penggunaan produk kosmetik yang tidak aman. Bahan-bahan tertentu didalam kosmetik menjadi komponen yang dapat menyebabkan alergi dan penyakit kulit. Terlebih lagi bahan merkuri disinyalir penyebab dari penyakit kulit yang dapat mempengaruhi gejala gangguan neurosyaraf .

KS1tlV

Dalam industri kosmetik, supply chain management dan kemanan bahan memainkan peranan penting didalam menyediakan produk kosmetik yang aman bagi konsumen. Pabrikan kosmetik dan distributornya (retailer) wajib memenuhi standar kemanan kosmetik sebagai pemenuhan persyaratan pelanggan.

ISO 22716 adalah standar internasional didalam memberikan panduan terhadap keamanan produk kosmetik. Standar ini disiapkan oleh ISO Technical Committee (TC) 217 Working Group (WG) 6 antara tahun 2002 dan 2006. Outputnya adalah Persyaratan Spesifik Terhadap Keamanan Produk Kosmetik dengan Implementasi GMP (Good Manufacturing Practice) dan Risk Assessment serta kombinasinya didalam Sistem Manajemen Mutu.

Standar ISO 22716 mengikuti dari standar GMP yang sama-sama diketahui sebagai penduan praktis didalam produksi bahan -bahan dalam hal ini bahan-bahan yang terkait dengan produksi produk kosmetik. Lipstik, Eye Shadow, Blush on, Compact powder, dan lainnya sebagai produk akhir harus dipastikan memenuhi standar ISO 22716 dengan GMP yang diimplementasi.

Regulasi Standar internasional  dunia seperti US – FDA, Eropa-European Union (EU), Jepang – Japan Chemical Industry Association (JCIA), Asean – ASEAN Consultative Committee for Standard and Quality (ACCSQ), dan lainnya mengakui bahwa Standar ISO 22716 diakui sebagai standar untuk menerapkan kemanan produk kosmetik bila diperlukan.

Ada 17 persyaratan didalam ISO 22716 GMP produk kosmetik yaitu :

  1. Scope
  2. Terminologi dan definisi
  3. Personil
  4. Premises/ Tempat
  5. Equipment
  6. Raw Material and packaging materials
  7. Production
  8. Finished product
  9. Quality control laboratory
  10. Treatment of product that is out of specification
  11. Wastes/ Limbah
  12. Subcontracting
  13. Deviations
  14. Complaints and recall
  15. Change control
  16. Internal Audit
  17. Documentation

Persyaratan spesifik ini mengikuti daripada persyaratan GMP setempat atau badan regulasi negara setempat. Dengan demikian implementasi ISO 22716 mencakup sistem GMP , SMM ISO 9001, dan Risk Assessment keselamatan produk kosmetik.

 

 

 

 

 

Published by iguhrahman11

business process improvement | business process re-engineering | business model canvasing | assesment business strategic consultant & trainer

2 thoughts on “Mengenal ISO 22716 Standar GMP Untuk Produk Kosmetik

Leave a comment