Health Risk Assessment | HRA – Langkah Monitor Kesehatan Anda

apple

Health Risk Assessment -HRA , adalah tools untuk melakukan upaya monitoring sejauh apa tubuh manusia terpapar dengan bahan toxic. Manusia sekarang ini banyak terpapar dengan sejumlah toxic atau boleh dikatakan bahan / material asing yang masuk kedalam tubuh. pertanyaannya adalah sejauh apa paparan bahan tersebut menyebabkan masalah kesehatan ?, dalam jumlah apa bahan tersebut disebut  berbahaya? , serius apakah bahan tersebut menyebabkan risiko kesehatan ?.

Tidak semua bahan kimia dapat dikategorikan sebagai toxic, hal ini dapat dilihat sejauh apa bahan kimia dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan manusia. Pengendalian dianggap perlu untuk menangani ini, tetapi kepedulian terhadap bahan berbahaya pun menjadi tidak kalah penting untuk mencegah atau mengurangi risiko kesehatan.

Beberapa langkah untuk melakukan HRA adalah :

  1. Hazard Identification
  2. Exposure Assessment
  3. Dose-Response Assessment
  4. Risk Characterization

HAZARD IDENTIFICATION :

Melakukan upaya identifikasi bahan kimia yang dapat mempengaruhi manusia, terutama bahan kimia yang masuk kedalam tubuh melalui hidung, mulut, kulit, mata, permukaan tubuh yang terbuka.

Paparan bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan bervariasi disetiap orang, ada yang respon tubuhnya kebal ada juga yang dapat mengganggu dalam jumlah yang sedikit. Data ini dapat kita lakukan dengan membuat daftar/ list jumlah bahan kimia yang dapat masuk kedalam tubuh. Atau melalui informasi MSDS (Material Safety Data Sheet) juga dapat digali informasi bahan kimia apa saja yang dapat menganggu kesehatan. Data empiris dari hasil uji tubuh akan lebih akurat untuk tahapan hazard identification

EXPOSURE ASSESSMENT :

Sejauh apa bahan kimia dapat mempengaruhi tubuh, seberapa banyak bahan kimia yang terekspose, dan bagaimana orang dapat terekspose melalui makanan, minuman, pernafasan, kontak kulit dan cairan lainnya.

Orang dapat terkspose dengan bahan kimia toksik dengan berbagai cara. sebagai contoh airborne chemical/ bahan kimia toksik melalui udara dapat ada di permukaan air bebas, tanah, buah-buahan, sayuran, makanan ternak, dan lainya. Ingat teori rantai makanan ? bahwa pemakan tertinggi di rantai makanan akan lebih banyak kumulatif jumlah polutan dibandngkan dengan pemakan terendah dirantai makanan yang sama.

MCU | Medical Check Up adalah tool untuk dapat mengetahui bagaimana cara mendapatkan data sejauh apa pemeliharaan kesehatan orang terhadap risiko paparan bahaya bahan kimia toksik. Tentu saja analisa data lebih lanjut dibutuhkan keterkaitan antara bagaimana polutan mempengaruhi kesehatan orang.

DOSE-RESPONSE ASSESSMENT:

Sejauh apa dosis polutan bahan kimia mempengaruhi, sebagai contoh : garam dapur dalam jumlah yang sedikit secara alamiah tidak berbahaya tetapi apabila dkonsumsi dalam jumlah besar maka dapat menyebabkan asam hidroklorida yang mana bahan tersebut didalam tubuh mengganggu pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Efek Kanker | didalam HRA tidak ada paparan bahan kimia yang memiliki ‘zero risk’ , kecuali data yang melengkapi bahan kimia tersebut lengkap. Dengan kata lain risiko bahan kimia meskipun dalam jumlah yang sangat kecil dapat menyebabkan kanker dengan mengganggu fungsi sel didalam tubuh.

RISK CHARACTERIZATION:

Langkah terakhir didalam HRA adalah bagaimana melakukan karakterisasi dari risiko kesehatan dengan menganalisa paparan dan dosis dari bahan kimia yang berpengaruh kepada tubuh. Karakterisasi risiko dapat digolongkan apakah risiko bahan kimia tersebut termasuk kedalam High-Risk, Medium-Risk atau Low-Risk.

 

HRA didalam analisa manajemen risiko, didalam sistem mirip dengan kita melakukan risk management didalam ISO 9001, OHSAS 18001, ISO 14001 dan lainnya. Sehingga tools ini dapat mengkaji suatu potensi dan efek dari bahan kimia terhadap kesehatan manusia.

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s