Menurut Anda Tidak Penting Seleksi Supplier ? | Kasus Vaksin Palsu

pemilik-vaksin-palsu-di-bekasi-ditangkap-usai-pulang-tarawih

Kasus vaksin palsu marak terjadi di Indonesia yang dari kacamata sistem jelas ada hal yang salah dengan hal tersebut. Dari segi penulis Kalau ingin mencermati ada beberapa titik proses yang menjadi perhatian masalah ini yaitu :

  1. proses seleksi supplier
  2. proses pembelian
  3. proses kebijakan pembelian
  4. proses evaluasi supplier
  5. proses penetapan harga pembelian
  6. proses internal audit
  7. proses pembiaran

Manakala proses tersebut tidak dilakukan pengendalian maka boleh dikatakan sistem yang anda lakukan terhadap pembelian dan supplier anda telah gagal.

Harga memang menjadi perhatian khusus terkait dengan pembelian material ke supplier-supplier. Manajemen rumah sakit saat itu dan mungkin tidak terlalu memberi perhatian khusus pada mutu vaksin yang disupplai dari supplier. Supplier yang memberikan harga termurah, dengan sistem pembayaran yang lunak menjadi pilihan. Naif bila kami mencermati kearah sana dimana sama-sama kita ketahui bahwa vaksin adalah material yang dibutuhkan oleh bayi untuk kekebalan tubuhnya.

Ironis memang ketika, Rumah Sakit dengan visi misinya menjalankan bisnis yang tidak hanya aspek komersil yang menjadi sorotan utama, tapi bagaimana penyediaan pelayanan yang terbaik untuk pasiennya.

Terlepas dari hukum yang akan menjerat Rumah Sakit yang memberikan vaksin palsu, pembelajaran / lesson learnt dari masalah tersebut adalah kurangnya pengendalian internal.

bareskrim-tangkap-jaringan-pengedar-vaksin-palsu-khusus-bayi-PMn

pengendalian internal adalah suatu sistem pengendalian untuk melihat sejauh apa efektifitas dan pengawasan terhadap ketidaksesuaian untuk mencari peluang perbaikan

Pengendalian internal yang dimaksud adalah tidak adanya sistem internal audit, atau pengawasan dan monitoring sistem perusahaan. Tetapi itupun tidak akan berjalan dengan baik apabila memang tidak ada komitmen manajemen yang baik dari masing-masing Rumah Sakit untuk memberikan pelayanan dengan mutu terbaik dan memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s