Good Cop and Bad Cop | Menjalankan Sistem Efektif

goodbadcop

Menjalankan sistem management yang efektif tidak hanya dilihat dari hasil pengukuran output saja, dan bagaimana pencapaiannya terhadap set target yang ditetapkan. Tetapi juga bagaimana memutuskan menjadi sebuah ketetapan untuk menjalankan sistem juga menjadi sebuah catatan untuk ukuran efektifitas proses sistem manajemen.

Good Cop vs Bad Cop istilah yang digunakan bahwa dalam menjalankan proses bisnis organisasi anda  tidak perlu selamanya mengikuti SOP yang sudah anda tetapkan sebelumnya. Tetapi bagaimana melihat SOP tersebut relevansinya terhadap proses yang anda jalankan apakah sudah efektif atau belum.

Good Cop vs Bad Cop seperti anda melihat :

  1. Dept Produksi vs Dept QC
  2. Dept Purchasing vs Dept Finance AP
  3. Dept Marketing vs Dept Finance AR
  4. Dept Front liner vs Dept Operasional
  5. Dept Gudang vs Dept Pengiriman
  6. dll

magnum-force-560-3

contoh bagaimana mekanisme Good Cop vs Bad Cop berperan dalam efektifitas proses:

Orang Gudang : ‘kami sudah menyiapkan untuk pengiriman barang nomor DTR.X.1216 per tanggal 6 Juni 2016 ke pelanggan, siap dikirim’

Orang Pengiriman : ‘dasarnya bapak mau keluar barang nomor DTR.X.1216 dari mana? karena kami tidak pernah mengirimkan jadwal pengiriman gudang dengan nomor tersebut.’

Orang Gudang : ‘kami terima informasi dari Sales kalau barang nomor DTR.X.1216 minta dikeluarkan untuk tanggal 6 Juni 2016.

Orang Pengiriman : ‘saya ga terima ada permintaan sales untuk pengeluaran barang, coba saya cek dulu’… ternyata bagian sales ada permintaan keluar barang tapi tidak nomor DTR.X.1216 tapi DTR.X.1116 pak’.

Orang Pengiriman  : ‘saya minta revisi prosedur ke sales untuk pengeluaran barang untuk pengiriman permintaan harus sepengetahuan bagian Pengiriman.

Orang Gudang :’ baik pak saya akan minta revisi ke bagian sales data pengeluaran barang’

 

Good Cop vs Bad Cop memainkan peran agar output dari suatu proses menjadi lebih efektif, valid dan terkendali. Peran ini juga dapat dimainkan untuk perumusan SOP baru atau review dari suatu proses.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s