Root Cause Analysis |Kenapa Penting ?

root-cause

Root Cause Analysis didalam sebuah sistem manajemen merupakan persyaratan yang harus dilakukan oleh organisasi. Masalah di organisasi selalu ada dan itu merupakan manifestasi dari akar masalah yang  munch menjadi suatu masalah. Masalah di organisasi sering kali terlihat dan dapat dibuktikan dengan empiris, akan tetapi akar masalah menjadi sesuatu yang tidak tampak dan harus dilakukan investigasi mendalam.

Bagi organisasi yang budaya improvementnya sudah berjalan dengan baik, mencari root cause analysis tidaklah sulit, karena hal tersebut sudah menjadi sebuah kebiasaan dan habit dimasing-masing pekerja setiap muncul suatu masalah otomatis root cause analysisnya di tentukan. Bagi organisasi yang belum membudaya hal ini perlu dilakukan penekanan kepada masing-masing individu pekerja untuk budaya improvement.

root_cause_analysis-336x336

Pentingnya root cause analysis adalah :

  1. Mendapatkan suatu akar masalah, sehingga tindakan pencegahan agar masalah tersebut tidak muncul kembali dapat diantisipasi.
  2. Mendapatkan improvement , dan dapat dibandingkan dengan kondisi sebelum improvement.
  3. Menciptakan budaya ‘sedia payung sebelum hujan’, menilai suatu proses dari risiko dan dampaknya.
  4. Bermakna kompetensi untuk berlomba-lomba mencari ide perbaikan
  5. Menetapkan Re-Engineering proses dari sebuah proses yang tidak efektif.

 

Metode root cause analysis banyak yang kita kenal, dan dapat dilakukan secara mandiri atau kelompok seperti : 5 why analysis, fishbone diagram, 5W1H , QC 7 tools, 5S/5R, A3 report, QCC, mapping proses bisnis, dan lainnya. Semua metode dapat digunakan dan disesuaikan dengan kondisi organisasi.

Ukuran kesuksesan dari suatu perbaikan atas suatu masalah dapat dilihat apabila output perbaikan yang dihasilkan mencapat suatu target yang ditetapkan. Target dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif, intinya bagaimana suatu perbaikan dapat bernilai efektif, efisien, dan dapat dijadikan suatu standar dalam proses pekerjaan.

Melakukan root cause analysis pada awalnya menjadi sulit tetapi , tetapi apabila tidak dicoba akan menjadi tambah sulit. Yang terpenting adalah menggunakan logika berfikir pada analisa akar masalah, karena metode-metode root cause analysis yang anda pakai banyak menggunakan logika berfikir. Jam terbang menjadi sebuah catatan bila anda setiap kali ada masalah melakukan root cause analysis, anda mempunyai jam terbang tinggi dan handal dalam analisa suatu masalah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s