Mengenal Sistem Management Anti Suap | ISO 37001

paidundertable

Dunia akhir tahun ini akan berbangga menerima Sistem Management Anti Suap yang dikeluarkan oleh ISO dengan nama ISO 37001.  ISO series ini bertujuan untuk membuat sistem standar internasional untuk mengendalikan korupsi atau suap.

Sebenarnya sistem ini secara praktek sudah di dilakukan oleh beberapa organisasi, khususnya perusahaan oil and gas yang dalam kebutuhannya melakukan audit kepada kontraktor dengan sistem AUDIT ANTI BRIBERY. Oleh karena banyak tuntutan dari praktisi, akademisi, pemerintah terhadap kebutuhan standar anti suap ini, ISO mengangkat menjadi standar internasional, sehingga ini dapat diterapkan pada organisas-organisasi yang beritikad baik dalam menjalankan bisnis secara sehat.

gayus-tambunan

Untuk organisas Indonesia sender dalam penerapan ISO 37001 pilihannya ada dua, yaitu berkomitmen untuk menrapkan Sistem Manajemen Anti Suap dengan benar atau hanya semata-mata mendapatkan bukti sertifikasi ISO 37001 dan korpus tetal berjalan, ironis memang untuk Indonesia tetapi dengan semangat perubahan menuju perbaikan hal ini dapat dilakukan.

Berikut beberapa FAQ terhadap ISO 37001.

Apa Tujuan Standar ISO 37001?

Mengembangkan sistem management internasional dengan penerapan norma-norma anti suap / korupsi di organisasi

Kapan ISO 37001 dikeluarkan ?

iso37001-timeline_publication_en

pada akhir tahun 2016 dan ISO 37001 masuk kategori sertifikasi, artinya tidak hanya panduan manajemen anti suap tapi ada proses audit untuk sertifikasi

Apa yang dicover didalam ISO 37001?

Pendekatan ISO 37001 adalah berbasis risiko , analisa risiko memainkan peranan untuk diidentifikasi, dinilai dan dievaluasi.

Siapa saja yang dapat aplikasi ISO 37001?

Standar ini fleksibel dan dapat digunakan untuk semua tipe organisasi, baik skala besa atau kecil, sektor pemerintahan atau swasta dan organisasi non-profit.

Apakah ISO 37001? Sistem yang berdiri sendiri ?

Tidak, sistem ISO 37001 adalah sistem yang dapat berintegrasi dengan sistem manajemen organisasi eksisting. Karena struktur ISO 37001 mempunyai High Level Structure, sehingga kemampuan berintegrasi dapat dilakukan hanya beberapa persyaratan spesifik anti suap/korupsi yang terpisah.

Apa manfaat ISO 37001?

ISO 37001 memberikan panduan pencegahan terhadap anti suap dan korupsi, penjelasan bukti justifikasi bahwa organisasi tidak melakukan korupsi, Manfaat B2B , manfaat tender, manfaat pra qualifikasi

pertanyan lebih lanjut dapat hubungi

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s