Why Analysis | Metode Mencari Akar Masalah

Suatu sistem ataupun aktivitas pekerjaan tidak luput dari kesalahan, baik kesalahan yang dilakukan individu atau kolektif. Cara untuk mengetahui akar masalah salah satunya adalah menggunakan why analysis.

1-five-whys-diagram

5 why analysis, membawa anda kedalam pola pikir mencari akar masalah secara sistematis

Menganggap bahwa masalah anda sudah dapat diselesaikan tetapi masalah tersebut muncul berulang kali. Hal yang anda lakukan belum menentukan akar masalahnya, anda hanya melihat masalah yang ada dihadapan anda bukan masalah yang sebenarnya. Contoh :

AC split dikantor anda bocor dan anda langsung memanggil bagian maintenance building untuk memperbaiki dengan melakukan cleaning di AC tersebut. Selang 1 hari selesai diperbaiki AC tersebut masih bocor dan   anda melakukan why analysis. Anda telusuri sumber AC masalah AC bocor tersebut sampai ketemu bahwa sumber bocor berasal dari tampias air hujan dari talang air yang meluber masuk kedalam plafond akibat talang air tersebut kampat oleh sampah.  Anda tidak yakin kalau hujan menjadi sumber masalahnya , sehingga anda mencari akar masalahnya sampai yakin bahwa akar masalahnya adalah sampah daun-daun dari ranting pooh yang menjorok masuk kedalam talang air. Itu åkår masalahnya.

akar masalah adalah masalah yang sebenarnya dan bukan masalah yang ada dihadapan anda

2-five-whys-diagram-computer-problem

Sederhana menggunakan teknik ini, anda hanya butuh fokus pada penyelesaian masalah dan pertimbangkan kemungkinan-kemungkinan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s