Baik anda bekerja di organisasi komersil ataupun non komersil pandangan customer focus adalah pihak yang menikmati hasil kerja anda. Customer focus adalah salah satu prinsip mutu ISO 9001:2015 , dan relevan dengan prinsip mutu ISO sebelumnya. Paradigma yang saat ini customer beralih kepada dimensi User Experience dimana customer anda tidak hanya menikmati hasil kerja produk/ service anda tetapi lebih jauh dari itu bagaimana mendapatkan pengalaman berarti setelah menikmati produk/ service anda.
menciptakan sebuah nilai yang tidak hanya cukup kepada memberikan customer apa yang mereka butuhkan tetapi bagaimana mendapatkan pengalaman berarti dari hasil produk/ service anda maka anda akan mendapatkan USER EXPERIENCE
Prinsipnya adalah mendekatkan diri kepada customer anda dan berupaya untuk memberikan lebih dan lebih kepada customer anda.
- Get Feedback | mencari tahu apa kekuatan dan kelemahan produk / service anda, bagaimana metode anda untuk mendapatkan timbal balik persepsi pelanggan anda terhadap produk/ service, bagaimana mengevaluasi hasil timbal balik persepsi mereka.
- Look for New Ways | hasil timbal balik mereka bagaimana persepsinya?baik atau buruk?apa alasan di balik kategori tersebut dan apa alasen dibalik kategori buruk ?
- Research Competitors | competitor saat ini adalah “partner in crime” , saat anda berhadapan dengan mereka pandanglah mereka sebagai bagian untuk pengembangan produk/ service anda. Sejauh apa mereka dapat melakukan hal lebih dibanding produk / service anda?apa anda akan tertantang dengan memberikan produk/service lebih daripada mereka?
- Improve | Melakukan perbaikan dan peningkatan terus menerus , tidak cukup upaya inovasi produk / service anda tetapi bagaimana inovasi tersebut memang mampu menjawab apa yang mereka unginkan / butuhkan saat ini.
bagaimanapun design produk / service anda, user experience akan menjawabnya berbeda.