Pentingnya Standard Process-Case Pecel Lele Lela

baru kemarin tanggal 23 juni diajak buka puasa sama istri di Resto Pecel Lele Lela Kalimalang Jaktim pelayanannya mengecewakan. alasan kenapa pengen buka puasa di pecel lele lela, karena istri ketagihan menu tomyam lele fillet waktu makan di outlet pecel lelel lela Tanjung Barat,makanya ngajak mau coba makan yang deket rumah di kalimalang.

pecel lele lela

pecel lele lela

kira-kira begini lah conversationnya :

istri : mas pesan tomyam kuah , tomyam lele fillet pedas
pelayan 1 (ternyata Manager baju biru) : wah sudah habis mbak tomyamnya
istri : ya udah mas pesen lele fillet goreng aja deh

karena, istri saya sukanya makanan yg berpedas mintalah tambahan cabe ke pelayan

istri: mas minta cabe rawit yah
pelayan 2 (baju hijau) : sebentar ya mbak
selang kemudian…
pelayan 2 : wah habis mbak cabe rawitnya

saya sama istri sy ga percaya masa sih habis, coba lagi dengan pelayan yang lain
istri : mas – mas minta potongan cabe rawit yah
pelayan 3 (baju putih) : baik mbak sebentar yah
selang kemudian….
pelayan 3 : ini mbak cabenya

saya ma istri kaget, kok stupid banget sih tadi pelayan 2 bilang cabe rawit habis, terus pelayan 3 bawain cabenya….

ga berhenti disitu, istri saya test lagi dengan pelayan 2 untuk tanya menu tomyam lele fillet
istri : mas pesan tomyam lele fillet nya yah satu yang pedes, tadi kata masnya yg baju biru habis
pelayan 2 (baju hijau) : bentar ya mbak saya cek
selang kemudian…
pelayan 2 : ada mbak tomyamnya, jadi pesan?
istri : jadi mas!!gimana sih tadi katanya sudah habis, siapa sih mas itu yang baju biru?
pelayan 2: itu manager mbak
istri : *##@$!!!!!!

outlet pecel lele lela Kalimalang

outlet pecel lele lela Kalimalang

ga selesai disitu, manager nya nyamperin meja duduk saya dan bilang:
pelayan 1/alias manager : maaf mba tadi sih tomyamnya sudah habis
istri : ini buktinya ada, saya jadi pesan
pelayan 1/ alias manager : iya tadi barusan langsung belanja untuk bikin tomyam
istri : tambah !!*##*$$%!!!!

ada dua point catatan kenapa pecel lele lela Kalimalang mengecewakan:
1. tidak ada STANDARD PROCESS di outletnya tidak jelas mana standar process pelayanan menu/pesanan, process penyiapan bahan makanan, process stok makanan siap saji

2. tidak ada STANDARD KOMPETENSI, tidak jelas mana tugas yang harus dilakukan oleh Manager outlet, mana tugas pelayan yang menyajikan makanan dimeja makan, mana tugas pelayan yang mencatat pesanan, mana tugas koki yang produksi pesanan makanan.

3. tidak ada STANDARD ISTILAH,mungkin pelayan tidak tahu mana yang disebut menu tomyam kuah dengan tomyam lele fillet, mana yang disebut potongan cabe sama cabe rawit (apa bedanya?)

harus dibenahi, meskipun terlihat sepele tetapi sekelas pecel lele lela yang sedang hits didunia kuliner menjadi sebuah ide untuk improvemnt. Mari Improvement!!!

Advertisements

One thought on “Pentingnya Standard Process-Case Pecel Lele Lela

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s