Mengukur process untuk improvement

process mapping dapat juga diukur dengan tujuan untuk upaya improvement. pengukuran tersebut aspeknya bisa saja terhadap lead time process, resources, cost, information flow atau atribut lainnya yang melekat pada suatu process.

terkadang beberapa perusahaan dalam melakukan improvement process langsung mengarah kepada otomatisasi process , dengan menggunakan aplikasi-aplikasi system. sementara basis dari seharusnya bisa menjadi dasar kenapa kita memilih untuk di otomatisasi process tersebut. improvement process dapat berasal dari suatu masalah atau optimalisasi suatu process yang sudah ada menjadi process yang diinginkan.

case di client saya , sebuah RS ibu dan anak, pada tahun 2013 mempunyai masalah dari hasil survey pelanggan sebagai berikut:

masalah RS ibu dan anak hasil survey pelanggan tahun 2013

masalah RS ibu dan anak hasil survey pelanggan tahun 2013

dari data tersebut pareto masalah ada di waktu tunggu pembuatan obat diapotik RS ibu dan anak tersebut. sementara untuk melakukan upaya penambahan perawat & rekayasa layout ruangan oleh Direktur tidak diperkenankan, sehingga upaya yang harus dilakukan adalah rekayasa process.

hasil analisa process tidak dapat diambil, apabila perusahaan tersebut tidak mempunyai process mapping. sangatlah membantu process mapping tersebut dalam mengukur process. hal pertama yang dilakukan adalah uraikan process dimasalah tersebut, sepeti dibawah :

identifikasi process current

identifikasi process current

dari ilustrasi diatas terlihat perocess pembuatan obat merupakan suatu rangkaian process dalam service ke pelanggan.

tahap kedua, mengukur process tersebut dari aspek waktu. seperti ilustrasi dibawah :

pengukuran process

pengukuran process

waktu pembuatan obat menjadi kontribus bottleneck process, ini target yang harus diselesaikan. pada tahapan ini pemilik process haruslah mengakui bottleneck tersebut, agar nanti pada saat menentukan future process state menjadi lebih nyata.

tahap berikutnya menentukan future state process, setelah process sebelumnya konfirmed. seperti ilustrasi dibawah :

future state process

future state process

terlihat lebih simple daripada current state process, tetapi dibalik process yg simple ini menentukannya butuh kolaborasi dan peran aktif dari pemilik process.

Advertisements

One thought on “Mengukur process untuk improvement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s