analisa SWOT dengan Business Model Canvas

Business model canvas dapat digunakan untuk melakukan analisa SWOT (Strength Weakness Opportunity Threat) strategi business anda. analisa SWOT berfungsi sebagai refleksi business anda menghadapai tantangan dinamika business. untuk pengembangan produk/ service baru atau strategi penetrasi pasar business anda , analisa SWOT cara konvensional adalah melakukan identifikasi atas faktor-faktor eksternal dan internal melalui serangkaian analisa data. dengan business model canvas tidak hanya analisa data faktor-faktor tersebut tetapi juga mendapatkan visualisasi atas upaya strategi business anda.

seperti yang diulas di posting sebelumnya bahwa business model canvas terdiri dari 9 blok bangunan yaitu:
1. Customer Segment (CS)
2. Value Proposition (VP)
3. Customer Relationship (CR)
4. Channel (CH)
5. Revenue Streram (RS)
6. Key Activities (KA)
7. Key Resources (KR)
8. Key Partner (KP)
9. Cost Structure (CS)

Pandangan business model canvas terhadap analisa SWOT yaitu Aspek Analisa Pasar, Analisa Persaingan, Tinjauan Ke Masa Depan dan Ekonomi Makro, seperti ilustrasi dibawah ini :

Aspek SWOT dalam business model canvas

Aspek SWOT dalam business model canvas

didalam analisa SWOT menggunakan business model canvas faktor eksternal dan internal menjadi refleksi atas 9 blok bangunan business model canvas. secara visual konstribusi analisa SWOT menjadi jelas. scoring analisa tersebut membawa suatu resume apakah faktor-faktor apa sajakah dari 9 blok tersebut yang dapat di optimalkan atau diminimalkan, atau di improve.

TOWS analysis

TOWS analysis

nah, biasanya pelaku business melihat hasil resume SWOT analysis disajikan beberapa pilihan, dan terkadang pilihan tersebut harus diambil untuk memastikan strategi business anda berjalan. pilihan tersebut adalah menciptakan suatu value, meningkatakn value yang sudah ada, mengurangi biaya atau meneliminasi biaya yang tidak memberikan value.

blue ocean strategy dengan business model canvas

blue ocean strategy dengan business model canvas

well, strategi pilihan anda , andalah yang menentukan.

beberapa case diperusahaan, anda terkadang harus membuat unit business baru, atau melakukan sebuah merger dengan perusahaan lain, atau melakukan pemisahan atas value perusahaan anda menjadi entitas-entitas perusahaan tetapi tetap dalam satu holding atau anda harus cukup menjual brand saja, atau melakukan franchise. upaya-upaya tersebut haruslah mempunyai basis, dan business model canvas membantu menyajikan basis tersebut.

business recommendation sebagai upaya strategi business anda

business recommendation sebagai upaya strategi business anda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s