mengenal business model canvasing

dalam menciptakan sebuah value business kepada customer, anda tidak hanya begitu saja menjual value tersebut kepada customer anda. anda perlu identifikasi value apa saja yang anda berikan kepada customer dan kepada siapa saja value tersebut anda berikan, serta bagaimana proses interaksi keduanya menjadi sebuah business yang anda inginkan.

pendekatan yang saya angkat disini yaitu dengan business model canvasing, yaitu sebuah pendekatan strategic dan analisa untuk menjalankan business anda. business model canvas tidak hanya untuk strategi business baru, tetapi dapat juga diaplikasikan untuk pengembangan business yang sudah ada untuk improvement. dengan business model canvas anda hanya cukup menggambarkan didalam sebuah kertas bagaimana menjalankan business anda, bagaimana anda mendapatkan keuntungan dari business tersebut, bagaimana biaya atas operasional business anda dan bagaimana mengelola komponen itu semua menjadi proses yang strategis.

komponen business model canvas terdiri atas 9 blok utama yaitu:
1. value proposition
2. customer segment
3. channel
4. customer relationship
5. revenue stream
6. key activities
7. key resources
8. key partnership, dan
9. cost structure

kesembilan blok tersebut saling terkait satu sama lain dan dapat anda mainkan untuk improvisasi.

sebagai contoh :
saya memiliki business Rumah Makan Padang dengan konsep baru yaitu : RM Padang Mart apa itu ,lihat business model dibawah ini:

business model Rumah Makan Padang Mart

business model Rumah Makan Padang Mart

1. value proposition: anda menyediakan fasilitas rumah makan padang yg ready to go , segala menu sudah tersedia dan disajikan sesuai selera anda

2. customer segment : tentu saja target customerny adalah orang kantoran dan fasilitas untuk orang-orang nongkrong

3. customer relationship : adalah dengan memberikan voucher makanan atau free minum gratis yang upayanya untuk menjaga customer anda agar tetap makan dan tetap nongkrong di tempat anda

4. channel : melalui outlet-outlet RM padang mart yang representatif untuk target customer anda

5. revenue stream : anda akan mendapatkan keuntungan dari penjualan menu utama anda, menu sampingan dan lainnya.

6. key activities: anda harus kuatkan aktivitas manajemen supplai chain anda, service-service outlet anda dan maintenance outlet anda

7. key resources: anda adalah menu-menu yang anda tawarkan, lokasi yang strategis dan juga man power anda haruslah berorientasi pada “good service customer”

8. key partnership : tentu saja mitra anda adalah supplier menu utama anda dan menu tambahan

9. cost structure: anda cukup identifikasi ongkos dari supplai chain dan maintenance outlet anda

dengan model mapping canvas seperti ini , semakin jelas konsep business baru anda (konsep business ini original), anda boleh kontak saya bila mau, hehehe. terlepas dari itu sebenarnya dengan tools ini secara gamplang prototype business anda akan lebih jelas diimplementasikan dan lebih terkendali. masalah modal buanyakk bila anda dapat meyakinkan bahwa model business anda reasonable dan dapat dijalankan.

business model canvas ini sebenarnya secara scientific menjelaskan juga mapping otak anda, yaitu otak kiri dan otak kanan. kenapa? boleh dikatakan bahwa kedepan dalam menjalankan business ini perpaduan antara otak kiri dan otak kanan anda berperan dalam mengembangkan dan melakukan upaya-upaya strategis dalam operasional business anda.

brain model canvas anda

brain model canvas anda

tidak ada yang salah dengan cara kerja otak anda dalam menjalankan sebuah business, ini adalah pilihan atau kombinasi bagaimana upaya anda menjalankan business dengan tendensi kreatif way kah atau efisiensi way kah atau kombinasi dalam mengelola hal tersebut.

well, selamat mencoba

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s